Kamis, 18 Oktober 2012

Konsep Dasar New Media dan Contoh Aplikasi New Media


Definisi New Media
New Media adalah media yang didalamnya terdiri dari gabungan berbagai elemen. Itu artinya terdapat konvergensi media di dalamnya, dimana beberapa media dijadikan satu, itu baru disebut new media. Contohnya
: Seperti QuickTime movies, suara yang dimasukkan secara terpisah dan berjalan selama film berjalan. Karena tiap-tiap elemen memiliki independensi masing-masing, maka masing-masing dapat dimodifikasi / di-edit kapanpun.
New Media adalah media dapat mengoperasikan sifat otomatis dalam berbagai perangkatnya. Contohnya: Program edit gambar seperti Photoshop dapat dengan otomatis memperbaiki gambar hasil scan, membersihkan gambar dan meningkatkan kontras gambar.

Pandangan Mengenai New Media
Pada awal abad ke 19, terdapat berbagai pandangan yang menjadi tolak ukur dari berbagai pemikiran-pemikiran yang dapat menjadi perubahan di bidang industry. Setelah berbagai pandangan modern telah muncul, maka terdapat juga perubahan yang sangat besar dalam bidang media. Media dan teknologi yang digunakan akan semakin bertambah seiring dengan perubahan zaman dan berbagai pemikiran yang bersifat modern. Dan para ilmuan pada masa itu sangat percaya bahwa berbagai pemikiran itu akan membawa transformasi manusia menjadi lebih baik lagi.  Sebagai contoh perkembangan new media adalah computer. Dulu computer berukuran besar dan hanya sebagai analog sekarang sudah berfungsi lebih baik bahkan sekarang sudah ada laptop yang bisa dibawa jika berpergian.

Manfaat New Media

  • Bidang Pendidikan.

Dengan adanya EBOOK,sangat memudahkan mahasiswa untuk belajar dan mencari materi serta lebih praktis.

  • Bidang Pencarian Kerja

Memudahkan seseorang untuk mengetahui lowongan pekerjaan disuatu tempat.

  • Bidang Silaturahmi

Dengan hadirnya facebook,twitter,yahoo,my space sangat membantu untuk berinteraksi    dengan seseorang.

  • Bidang Jual Beli

Bidang ini juga adalah bidang yang bayak di akses orang, karena pembeli dan penjual sama” enak , sebagai contoh adalah pembeli yang mempunyai sifat malas untuk dating ke store” yang menjual barang yang di inginkan  dapat mengakses website strore yang memiliki barang yang di inginkan .

Komponen New Media
Komponen new media yaitu Handphone/Smartphone dan Laptop



Aplikasi New Media

Seiring dengan perkembangan zaman, aplikasi new media bertambah banyak
dan  bertambah pesat. Diantaranya adalah facebook  dan youtube.
1.      Facebook
Kata-kata ini sudah tidak asing ditelinga kita,dari anak-anak hingga orang dewasa berlomba-lomba membuat akun ini dan memperluas jaringan pertemanan. Disatu sisi,lewat jejaring ini kita bisa berbagi foto dan video

2.      Youtube
Sebuah media yang sering kita gunakan,entah itu untuk mengupload video atau pun menonton video tersebut.


Kelebihan dan Kekurangan New Media
Kelebihan : Banyak kelebihan dari new media diantaranya, kita bisa bersilahturahmi dengan sanak saudara yang jauh disana, bisa bertransaksi jual-beli, atau bisa mencari informasi yang kita tidak ketahui.
Kekurangan : Dalam bidang pendidikan dengan adanya e-book masyarakat jarang sekali untuk membeli buku, Selain itu dalam bidang silahturahmi, kita hanya melihat teks teks kata atau foto dan tidak betemu secara lansung.




 Source :
http://yumanissanadia.blogspot.com/2010/11/arti-new-media.html
http://yosefrabindanata.wordpress.com/2010/10/06/digital-theory/#more-86
http://nempoatuh.wordpress.com/2010/11/14/manfaat-dan-kerugian-new-media/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar